Thursday, February 7, 2019

Biografi Singkat: Sukarjo Wiryopranoto (1903-1962)


Sukarjo Wiryopranoto (1903-1962)
SURAT KEPUTUSAN PRESIDEN RI
No. 342/TAHUN 1962
TANGGAL 29 OKTOBER 1962



Sukarjo Wiryopranoto lahir pada tanggal 5 Juni 1903 di Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah. Semasa hidupnya, beliau aktif bergerak di bidang politik. Bersama dr. Sutomo, beliau pernah mendirikan Persatuan Bangsa Indonesia (PBI) yang kemudian menjadi Partai Indonesia Raya (Parindra).

Di tahun 1934, beliau mendirikan suatu perkampungan pemuda untuk melatih para pemuda menjadi ahli kayu, ahli besi, ahli pertanian, dan sebagainya. Kemudian, beliau diangkat menjadi Sekretaris Gabungan Politik Indonesia (GAPI).

Sukarjo juga aktif dalam bidang kewartawanan dan memimpin surat kabar “Asia Raya” (zaman Jepang) dan membina majalah Mimbar Indonesia setelah Indonesia Merdeka. Jabatan dalam pemerintahan, beliau pernah menjadi Duta Besar RI di Vietnam, Duta Besar Luar Biasa untuk Italia, dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk RRC.

Pada tahun 1962, beliau diangkat sebagai Wakil Tetap Indonesia di PBB. Sukarjo Wiyopranoto meninggal dunia di New York pada tanggal 23 Oktober 1962. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.



Sumber:

Said, Julinar dan Wulandari, Triana. 1995. Ensiklopedi Pahlawan Nasional. Jakarta: Sub Direktorat Sejarah Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jendral Kebudayaan.


EmoticonEmoticon