Friday, September 28, 2018

Biografi Singkat: Pangeran Antasari


Pangeran Antasari (1809-1862)
SK PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
NO. 06/TK/TAHUN 1968
TANGGAL 27 MARET 1968



Pangeran Antasari lahir pada tahun 1809. Beliau adalah salah satu keluarga Kesultanan Banjarmasin, yang dibesarkan di luar lingkungan istana.

Rakyat yang resah akan perlakuan Belanda,
menggugah Pangeran Antasari untuk menggempur pasukan Belanda. Untuk itu, beliau kemudian menggabungkan diri dengan para kepala daerah seperti Hulu Sungai, Marthapura, Barito, Pleihari, Kahayan, Kapuas, dan lain-lain. Mereka bersepakat untuk mengusir Belanda dari Kesultanan Banjar.

Pada tanggal 18 April 1859, meletuslah perang pertama antara pihak Belanda dan aliansi Pangeran Antasari. Perang ini kemudian lebih
dikenal dengan Perang Banjar, dibawah pimpinan Pangeran Antasari. Perang tersebut berlangsung hingga sampai empat belas tahun. Suatu waktu, pihak Belanda pernah mengajak berunding Pangeran Antasari tetapi beliau tidak pernah mau.

Daerah pertempuran dalam Perang Banjar meliputi Kalimantan Selatan dan Kalirnantan Tengah. Pada tahun 1862, Pangeran Antasari
merencanakan suatu serangan besar-besaran terhadap Belanda namun secara mendadak adanya wabah cacar yang melanda daerah Kalimantan Selatan. Pangeran Antasari pun juga terjangkit penyakit cacar ini, hingga beliau meninggal pada 11 Oktober 1862 di Bayan Begak, Kalimantan Selatan. Kemudian, beliau dimakamkan di Banjarmasin.



Sumber:

Said, Julinar dan Wulandari, Triana. 1995. Ensiklopedi Pahlawan Nasional. Jakarta: Sub Direktorat Sejarah Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jendral Kebudayaan.


EmoticonEmoticon