Friday, March 8, 2019

Biografi Singkat: Marsda TNI Prof. Dr. Abdulrachman Saleh (1909-1947)


Marsda TNI Prof. Dr. Abdulrachman Saleh (1909-1947)
Pahlawan Nasional
SURAT KEPUTUSAN PRESIDEN RI
No. 071/TK/TAHUN 1974
TANGGAL 9 NOVEMBER 1974



Abdulrachman Saleh lahir di Jakarta, pada tanggal 1 Juli 1909. Sejak mahasiswa, beliau telah berorganisasi sebagai anggota Indonesia Muda, Jong Java dan Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI).

Sebagai seorang dokter, beliau sangat berjasa di bidang kedokteran karena telah berhasil mengembangkan ilmu faal di Indonesia. Setelah Indonesia merdeka untuk menyampaikan berita proklamasi, Abdulrachman menyiapkan sebuah pemancar radio yang diberi nama "Siaran Radio Indonesia Merdeka".

Kegiatan dalam dunia penerbangan dimulai dengan memasuki Airo Club dan berhasil memperoleh brevet. Kemudian, beliau memasuki dinas Angkatan Udara RI dan diangkat menjadi Komandan Pangkalan Udara Madiun pada tahun 1946. Beliau juga pendiri sekolah Teknik Udara dan Sekolah Radio Udara di Malang.

Pada bulan Juli 1947, Abdulrachman Saleh bersama Adi Sucipto mendapat tugas mengambil obat-obatan sumbangan Palang Merah Internasional di India. Dalam perjalanan pulang ke Yogyakarta, pesawatnya ditembak Belanda ketika mau mendarat di Meguwo pada 29 Juli 1947. Abdulrachman Saleh dan Adi Sucipto gugur sebagai kusuma bangsa.



Sumber:
Said, Julinar dan Wulandari, Triana. 1995. Ensiklopedi Pahlawan Nasional. Jakarta: Sub Direktorat Sejarah Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jendral Kebudayaan.


EmoticonEmoticon