Sunday, January 27, 2019

Biografi Singkat: Prof. Dr. R. Supomo, SH. (1903-1958)


Prof. Dr. R. Supomo, SH. (1903-1958)
SURAT KEPUTUSAN PRESIDEN RI
NO. 123/TAHUN 1965
TANGGAL 14 MEI 1965



Supomo lahir pada tanggal 22 Januari 1903 di Sukoharjo, Surakarta. Pendidikan pertama beliau dimulai dari ELS (SD), kemudian ke MULO (SMP). Pada tahun 1923, beliau berhasil menamatkan pendidikannya di sekolah hukum. Kemudian, beliau melanjutkan studinya ke Universitas Leiden, Negeri Belanda.

Sepulangnya dari Belanda, beliau ditugaskan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Beliau pernah menjadi anggota Jong Java. Dan, pada tahun 1928, beliau menulis sebuah brosur dengan judul "Perempuan Indonesia dalam Hukum", ketika Kongres Perempuan Indonesia Pertama.

Pada tahun 1933, beliau mengadakan sebuah penelitian tentang hukum adat di Jawa Barat, dan berhasil menerbitkan monografi mengenai hukum adat Jawa Barat. Tidak hanya itu saja, beliau juga diangkat sebagai Ketua Balai Pengetahuan Masyarakat Indonesia dan juga pernah menjabat sebagai Ketua Landraad Purworejo. Beliau juga terdaftar sebagai pegawai tinggi pada Departemen Van Justisi dan guru besar pada Sekolah Hukum Tinggi di Jakarta.

Di masa kemerdekaan, beliau diangkat sebagai Menteri Kehakiman RI. Beliau ikut pula membina Universitas Gajah Mada dan diangkat sebagai rektor pada tahun 1951, di Universitas Indonesia. Disamping itu, beliau pernah menjadi Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris di London. Supomo meninggal dunia pada tanggal 12 September 1958 di Jakarta, kemudian dimakamkan di Solo.



Sumber:

Said, Julinar dan Wulandari, Triana. 1995. Ensiklopedi Pahlawan Nasional. Jakarta: Sub Direktorat Sejarah Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jendral Kebudayaan.


EmoticonEmoticon