Wednesday, November 28, 2018

Biografi Singkat: Dr. Kusumah Atmaja, SH


Dr. Kusumah Atmaja, SH (1898-1952)
SURAT KEPUTUSAN PRESIDEN RI
NO. 124/TAHUN 1965
TANGGAL 14 MEI 1965



Sulaiman Effendi Kusumah Atmaja lahir di Purwokerto, Jawa Tengah pada tanggal 8 September 1898. Beliau dibesarkan di
Bogor dan bersekolah di ELS (Sekolah Rendah Belanda), kemudian melanjutkan ke Rechts School (Sekolah Hukum) di Jakarta. Setelah tamat, beliau bertugas sebagai ahli hukum di Pengadilan Negeri Bogor, kemudian pindah ke
Medan.

Beliau sangat tertarik kepada hukum adat. Pada tahun 1919, beliau belajar ke Leiden (Belanda) untuk mendalami ilmu hukum selama tiga tahun sehingga meraih gelar doktor.

Saat di Padang, beliau ikut serta dalam pergerakan nasional sebagai anggota PERMI (Partai Muslim Indonesia). Pada masa pendudukan Jepang, beliau menjabat sebagai
kepala kehakiman di Jawa Tengah, sekaligus merangkap sebagai kepala pengadilan di Semarang.

Setelah Indonesia merdeka, beliau menyumbangkan tenaga pada Sekolah Tinggi Kepolisian dan Universitas Gadjah Mada sebagai Guru Besar. Dalam perundingan KMB, beliau diangkat sebagai penasehat delegasi Indonesia. Masa Republik Indonesia Serikat (RIS) sampai dengan terbentuknya kembali Negara Kesatuan, beliau menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung.

Beliau meninggal dunia pada 11 Agustus 1952 di Jakarta dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.



Sumber:

Said, Julinar dan Wulandari, Triana. 1995. Ensiklopedi Pahlawan Nasional. Jakarta: Sub Direktorat Sejarah Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jendral Kebudayaan.


EmoticonEmoticon